Jawa Barat Bentuk Badan Ekonomi Kreatif Daerah ~ Kampung Kabar
Skip to main content

Jawa Barat Bentuk Badan Ekonomi Kreatif Daerah

INFO JABAR - Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan  Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) , sepakat melakukan kerja sama pengembangan potensi ekonomi kreatif di Provinsi Jawa Barat.

Kesepakatan itu tertuang dalam memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangani  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf  di Nusa Dua, Bali, Rabu , 7 NoVember 2018.

Gubernur Emil  mengungkapkan,  Jawa Barat  memiliki potensi ekonomi kreatif yang perlu dikembangkan dan dimanfaatkan secara optimal melalui perluasan produk ekonomi kreatif daerah dengan penyediaan infrastruktur, teknologi informasi, edukasi dan fasilitasi hak kekayaan intelektual.

Ridwan Kamil  juga menuturkan, Pemprov Jabar  telah menerbitkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 15 Tahun 2017 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif, dan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Kekayaan Intelektual.

"Jawa Barat dengan bangga menyatakan satu-satunya provinsi yang memiliki peraturan daerah tentang ekonomi kreatif ," kata Emil, sapaan akrab gubernur, pada Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia (World Conference Creative Economy/WCCE), di tempat yang sama.

Menurut Emil, ruang lingkup kesepakatan meliputi riset, edukasi dan pengembangan ekonomi kreatif, akses permodalan, infrastruktur, pemasaran dan promosi serta  fasilitasi hak kekayaan intelektual.

Bekraf  dan Pemprov Jabar juga  menyusun regulasi, fasilitasi pemasaran ekonomi kreatif dan kegiatan lain yang disetujui oleh kedua belah pihak.

Kedepan, lanjut Gubernur Emil, akan hadir Badan Ekonomi Kreatif Daerah, di bawah pengawasan Badan Ekonomi Kreatif pusat, demi mendukung berkembangnya ekonomi kreatif yang inklusif

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Triawan Munaf meyakini bahwa industri kreatif telah membawa suatu era baru dalam dunia bisnis.

Menurut dia, dunia bisnis, saat ini tidak lagi bersifat eksklusif bagi mereka yang memiliki modal besar, namun telah tercipta suatu lapangan bermain baru yang setara bagi setiap orang untuk dapat berperan dalam perkembangan ekonomi, yaitu ekonomi kreatif.(*)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi lanjutan nya di samping https://nasional.tempo.co/read/1144122/jawa-barat-bentuk-badan-ekonomi-kreatif-daerah

Comments

© 2020 Kampung Kabar

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.