Kas Daerah Pembantu, Permudah Warga HSU Bayar Pajak ~ Kampung Kabar
Skip to main content

Kas Daerah Pembantu, Permudah Warga HSU Bayar Pajak

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Badan Pengelolaan Panjang dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terus berupaya meningkatkan kesadaran warga dalam membayar pajak.

Untuk mempermudah warga yang cukup jauh dari kota Amuntai saat ini dibentuk kas daerah pembantu yakni loket pelayanan penyetoran pajak dan retribusi daerha di Kecamqtan Danau Panggang.

Peresmian program ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Wakil Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H. Husairi Abdi Lc, Rabu (07/11/2018).

Kepala BPPRD Hj Galuh Bungsu Sumarni mengatakan sesuai rancangan sebagai sasaran jangka pendek, loket pelayanan yang berada dikantor kecamatan Danau Panggang ini akan membuka pelayanannya setiap hari kerja, dengan itu diharapkan memberikan kemudahan bagi aparat pemungut pajak yang berbeda dikecamatan Danau Panggang, Sungai Tabukan, Babirik dan kecamatan Paminggir.

Baca: Taman Wisata Alam Pulau Bakut Bakal Dilengkapi Warung-warung Terapung

Kedepan, loket pelayanan sendiri rencananya oleh perbankan selaku unit integrasi dengan BPPRD berencana akan membuat unit pelayanan khusus di kecamatan Danau Panggang seperti yang berbeda di kota Amuntai.

"Program ini akan terus dikembangkan ke beberapa kecamatan lain, sehingga warga mendapatkan pelayanan yang lebih baik," ujarnya.

Baca: Bagini Cara Tembus Passing Grade TKP SKD CPNS 2018, Tak Perlu Membaca Soal, Sukses dan Silakan Coba!

Meskipun berada di Kecamatan Danau Panggang, loket ini juga bisa melayani keperluan dari kecamatan tetangga seperti Kecamatan Sungai Tabukan, Paminggir dan Babirik.

Acara launching pembukaan loket pelayanan pajak ini digelar di kantor Camat kecamatan Danau Panggang, dihadiri oleh Wakil Bupati HSU, Kepala BPPRD HSU, Perwakilan perbankan, para camat dan kepala desa dari kecamatan Danau Panggang, Sungai Tabukan, Babirik dan kecamatan Paminggir serta dihadiri oleh perwakilan Forkopimda dan toko masyarakat setempat.

Wakil Bupati HSU H.Husairi Abdi Lc dalam sambutanya, memberikan apresiasi yang tinggi kepada BPPRD HSU atas inisiatif dan inovasi nya membentuk pas daerah membantu di wilayah kecamatan berupa loket pelayanan penyetaraan pajak dan retribusi daerah di kecamatan Danau Panggang.

Hal ini tentu merupakan inovasi positif yang memiliki makna penting bagi pemerintah daerah ataupun masyarakat HSU dalam rangka mengoptimalkan dan meningkatkan pendapatan daerah serta memberikan kemudahan, kenyamanan proses pelayanan pada kecamatan Danau Panggang, Sungai Tabukan, Babirik bilik dan kecamatan Paminggir.

"Warga jadi lebih mudah untuk membayar pajak dan retribusi, semoga dapat meningkatkan pendapatan daerah," ujarnya.

Husairi menambahkan bahwa salah satupilar kehidupan bernegara adalah partisipasi dalam perpajakan nasional karena peranan pajak sebagai sumber utama untuk membina negara dan daerah memang harus menjadi perhatian bersama.

Karena pajak adalah tulang punggung dalam pembiayaan pembangunan dan sebagian besar hasil-hasil pembangunan di berbagai sektor tersebut dapat dinikmati seperti sarana prasarana jalan, infrastruktur, kesehatan olahraga, sekolah dan lain sebagainya.

"Oleh karenanya, menjadi tugas dan kewajiban kita semua untuk memberikan keteladanan dalam pelaksanaan hak dan kewajiban perpajakan guna mewujudkan masyarakat yang sadar dan peduli pajak." Kata Wabup

Wabup Husairi berharap, agar aparat pajak terus melakukan pembenahan administrasi perpajakan untuk membuktikan pengembangan langkah langkah menuju pemerintahan yang bersih dan akuntabel, sehingga tidak ada lagi keraguan masyarakat dalam membayar pajak. (Nia)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi lanjutan nya di samping http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/11/09/kas-daerah-pembantu-permudah-warga-hsu-bayar-pajak

Comments

© 2020 Kampung Kabar

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.