Bencana Alam Meluas ke Daerah Aman ~ Kampung Kabar
Skip to main content

Bencana Alam Meluas ke Daerah Aman

SUKABUMI, (PR).- Bencana  tanah longsor dan puting beliung di Kabupaten Sukabumi, Senin, 5 November 2018, terus meluas. Bahkan belum genap sepekan, telah teriventarisasi bencana alam meluas hingga terjadi di sebelas kecamatan.

Kendati tidak menimbulkan korban jiwa, tapi bencana telah merusak belasan rumah  warga. Bahkan sejumlah fasilitas umum juga ikut terdampak bencana alam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menginventarisasi, bencana alam tidak hanya terjadi di dua kampung di Kecamatan Bojonggenteng. Namun bencana tanah longsor terjadi di Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan. 

"Satu unit rumah warga di Kampung Cisalimar rusak berat. Termasuk sejumlah fasum di Kecamatan Bojonggenteng mengalami kondisi serupa," kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan, BPBD Kabupaten Sukabumi, Maman Suherman.

Terjang daerah aman

Sementara bencana yang terjadi di kecamatan Cibitung, Kalapanunggal, Kabandungan, Cisolok, Gunung Guruh, Gegerbitung, Parungkuda,  Cikembar,  dan di Kecamatan Cicurug, kata Maman Suherman, terjadi dari dampak intensitas hujan semakin meningkat.  Hujan yang disertai angin kencang dan petir mulai diwaspadai warga.

"Hujan sepekan ini, menunjukan intensitas semakin meningkat. Guyuran hujan harus diwaspadai warga, tidak hanya di beberapa daerah langganan bencana tanah longsor dan banjir. Tapi patut diwaspadai dibeberapa yang sebelumnya, masuk kategori aman bencana," katanya.

Seperti bencana yang terjadi di Kampung Sawahlega RT 19/04 Desa Cibatu Kecamatan Cisaat. Bencana tanah longsor yang merusak sebagian rumah warga terjadi pada hujan deras. Padahal rumah milik Tata Supriyatna berada di daerah aman.

Sebagian bangunan rumahnya rusak berat. Begitu pun peralatan kerja turut rusak karena tergerus tanah longsor.

"Sudah dua puluh tahun, baru terjadi bencana disini. Tanah longsor yng merusak bangunan, tidak hanya mengagetkan warga. Tapi membuat warga mengalami kondisi serupa," katanya.***

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi lanjutan nya di samping http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2018/11/05/bencana-alam-meluas-ke-daerah-aman-432710

Comments

© 2020 Kampung Kabar

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.